Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan  mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia nyata dan alam sekitar kita), maupun artifisial (dunia maya atau dunia digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi justru banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan.

Dengan belajar Informatika, peserta didik dapat menciptakan, merancang, dan  mengembangkan artefak komputasional (computational artefact) sebagai produk berteknologi dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak (algoritma, program, atau aplikasi), atau kombinasi perangkat keras dan lunak sebagai satu sistem dengan menggunakan teknologi dan perkakas (tools) yang sesuai. Informatika mencakup prinsip keilmuan data, informasi, dan sistem komputasi yang mendasari proses pengembangan tersebut.

Mata pelajaran Informatika berkontribusi dalam membentuk peserta didik menjadi warga yang bernalar kritis, mandiri, dan kreatif melalui  penerapan berpikir komputasional dan menjadi warga yang berakhlak  mulia, berkebinekaan global, dan gemar bergotong-royong melalui Praktik  Lintas Bidang (core practices) yang dikerjakan secara berkelompok (tim), di  alam digital yang merupakan alam yang harus disinergikan dengan alam  nyata oleh manusia abad ke-21. Peserta didik yang memahami hakikat kemajuan  teknologi melalui Informatika diharapkan dapat membawa bangsa  Indonesia sebagai warga masyarakat digital (digital citizen) yang mandiri  dalam berteknologi informasi, dan menjadi warga dunia (global citizen)  yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.

Mata pelajaran Informatika diharapkan menumbuhkembangkan peserta didik menjadi “computationally literate creators” yang menguasai konsep  dan praktik Informatika, yaitu:

  • Berpikir Komputasional, dalam menyelesaikan persoalan-persoalan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif dalam menciptakan solusi;
  • Memahami ilmu pengetahuan yang mendasari Informatika, yaitu sistem komputer, jaringan komputer dan internet, analisis data, algoritma pemrograman serta menyadari dampak Informatika terhadap kehidupan bermasyarakat;
  • Terampil berkarya untuk dalam menghasilkan artefak komputasional sederhana, dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan proses engineering, serta mengintegrasikan pengetahuan bidang-bidang lain  yang membentuk solusi sistemik;
  • Terampil dalam mengakses, mengelola, menginterpretasi, mengintegrasikan, mengevaluasi informasi, serta menciptakan informasi baru dari himpunan data dan informasi yang dikelolanya, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK yang  sesuai;
  • Menunjukkan karakter baik sebagai anggota masyarakat digital, sehingga berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi dan menggunakan perangkat teknologi informasi disertai kepedulian terhadap dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat.
Last modified: Saturday, 14 October 2023, 7:20 PM