Berfikir Komputasional (BK)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume kecil serta mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate).

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu memanfaatkan  aplikasi surel dalam berkomunikasi, aplikasi peramban dalam pencarian informasi di internet, CMS dalam pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas  TIK untuk mendukung  pembuatan laporan,  presentasi serta  analisis dan interpretasi data.

Sistem Komputer (SK)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu menjelaskan komponen,  fungsi, dan cara kerja komputer yang  membentuk sebuah sistem komputasi, serta memahami proses kodifikasi data dan penggunaan kodifikasi untuk menyimpan dalam memori komputer.

Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Pada akhir fase D, peserta didik mengenal Internet dan jaringan lokal, komunikasi data via HP, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), dan memahami enkripsi untuk memproteksi data, serta mampu melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.

Analisis Data (AD)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari dengan menggunakan perkakas TIK  atau manual.

Algoritma dan Pemrograman (AP)

Pada akhir fase D, peserta didik  mampu mengenali objek-objek dan memahami perintah atau instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan dan mengembangkan karya digital  kreatif (game, animasi, atau presentasi).

Dampak Sosial Informatika (DSI)

Pada akhir fase D, peserta didik menyadari keberadaan dunia digital disekitarnya, ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi sosial  media, serta memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital dan menerapkan etika dunia maya.

Praktik Lintas Bidang (PLB)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan,  merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut, serta mengkomunikasikan  (presentasi, dokumentasi) produk dan proses pengembangan solusi dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan.

Last modified: Saturday, 14 October 2023, 8:07 PM