Kode Aktivitas Pembelajaran

Aktivitas SK-K8-02: Gerbang Logika.

Tujuan Pembelajaran:
  • Peserta didik mampu memahami mekanisme internal pemrosesan data pada unit pengolahan logika dan aritmetika.
Kebutuhan Sarana dan Prasarana

Komputer/laptop, web browser, simulator Gerbang Logika (https://logic.ly/demo/).

Apersepsi

Mari kita bayangkan dunia yang diisi dengan pintu-pintu ajaib yang hanya membuka diri mereka jika kita memberikan kode tertentu. Gerbang logika adalah dasar dari semua perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Mereka bekerja seperti pintu ajaib dengan kombinasi tertentu dari “kunci.” Kita akan menggali ke dalam bagaimana gerbang logika ini berfungsi, apa yang mereka lakukan, dan mengapa mereka sangat penting dalam dunia teknologi informasi.

Kegiatan Inti
  • Langkah 1: Pengantar (10-15 menit)
    Jelaskan kepada peserta didik apa itu gerbang logika dan mengapa mereka penting dalam dunia komputasi. Gambarkan prinsip dasar operasi logika, seperti “AND,” “OR,” dan “NOT.”
  • Langkah 2: Demonstrasi Simulator (20-30 menit)
    Tunjukkan kepada peserta didik simulator gerbang logika online yang akan digunakan dalam kegiatan. Berikan demonstrasi singkat tentang bagaimana menggunakan simulator ini untuk membuat dan menguji gerbang logika.
  • Langkah 3: Latihan Praktis (30-40 menit)
    Bagikan tugas kepada peserta didik untuk menguji gerbang logika AND, OR, NOT, XOR, NOR, NAND, dan XNOR. Fasilitasi peserta didik langkah demi langkah untuk membuat rangkaian ini.
  • Langkah 4: Uji Coba dan Diskusi (20-30 menit)
    Biarkan peserta didik menguji rangkaian logika yang mereka buat menggunakan berbagai kombinasi input. Mintalah peserta didik untuk menuliskan hasil pengujian pada tabel kebenaran.
Penutup

Akhiri kegiatan dengan merangkum konsep-konsep gerbang logika yang telah dipelajari dan mengapa pemahaman tentang hal ini penting dalam ilmu komputer. Kegiatan ini memberikan kesempatan praktis kepada peserta didik untuk menggali prinsip-prinsip kerja gerbang logika menggunakan simulator online.

Last modified: Sunday, 15 October 2023, 6:52 PM