Kode Aktivitas Pembelajaran

Aktivitas JKI-K8-03: Kekuatan Sinyal.

Tujuan Pembelajaran:
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi kekuatan sinyal berdasarkan lokasi ponsel.
Kebutuhan Sarana dan Prasarana

Komputer/Laptop, web browser, diagram online (https://draw.io).

Apersepsi

Apakah kamu pernah merasa frustrasi ketika ponselmu tiba-tiba kehilangan sinyal saat kamu berada di suatu tempat? Atau mungkin kamu pernah heran mengapa sinyal ponselmu lebih kuat di satu tempat daripada di tempat lain?  Hari ini, kita akan menjelajahi rahasia di balik “kekuatan sinyal” di ponsel kita.

Kegiatan Inti
  • Langkah 1: Pengantar (10-15 menit)
    Jelaskan kepada peserta didik mengapa kekuatan sinyal ponsel dapat berubah berdasarkan jarak dari menara seluler. Gambarkan prinsip dasar tentang bagaimana sinyal radio bekerja dalam komunikasi ponsel.
  • Langkah 2: Demonstrasi Perangkat Lunak Diagram (15-20 menit)
    Tunjukkan kepada peserta didik perangkat lunak diagram online yang akan digunakan dalam kegiatan ini (draw.io). Berikan demonstrasi singkat tentang bagaimana menggunakan perangkat lunak ini untuk merancang grafik atau diagram.
  • Langkah 3: Latihan Praktis (40-50 menit)
    Bagikan tugas kepada peserta didik untuk merancang diagram online yang menggambarkan hubungan antara jarak dan kekuatan sinyal ponsel.
  • Langkah 4: Presentasi dan Diskusi (20-30 menit)
    Biarkan peserta didik mempresentasikan diagram mereka kepada kelas. Diskusikan apa yang bisa dipahami dari diagram yang dibuat tentang hubungan antara jarak dan kekuatan sinyal.
Penutup

Akhiri kegiatan dengan merangkum konsep kekuatan sinyal ponsel berdasarkan jarak yang telah dipelajari dan mengapa pemahaman tentang hal ini penting dalam penggunaan ponsel. Kegiatan ini memberikan peserta didik kesempatan untuk memahami dan mengilustrasikan hubungan antara jarak dan kekuatan sinyal ponsel menggunakan perangkat lunak diagram online. Ini membantu mereka melihat relevansi dan aplikasi nyata dari konsep ini dalam penggunaan ponsel mereka sehari-hari.

Last modified: Sunday, 15 October 2023, 7:47 PM